Senin, 29 Agustus 2016

Upgrade ROS - Tanpa Menghilangkan Lisensi

Diambil dari Mikrotik CitraWeb

Routerboard MikroTik adalah sebuah perangkat router yang didalamnya terdapat berbagai macam fitur networking. Sehingga berbagai kebutuhan networking bisa di cover dengan satu perangkat. Untuk mendukung kebutuhan tersebut Routerboard menggunakan sebuah operating system yang di-develop sendiri oleh MikroTik yaitu disebut dengan ROS (Router OS). 

Dengan seiring perkembangan teknologi jaringan, maka beberapa versi Ruter OS pun juga dibuat yang pada awalnya dari versi 2.x dan hingga saat ini versi terbaru 6.x Mungkin diantara kita sudah bisa melakukan upgrade & downgrade versi RouterOS untuk mencari fitur yang dibutuhkan atau juga mungkin mendapatkan performa router yang optimal. 


Namun, ada sebuah problem dalam hal "Upgrade & Downgrade" ini, apabila kita mempunyai perangkat router dengan versi ROS yang lama dan dilakukan upgrade ke versi terbaru dalam versi major yang jauh berbeda, ada kemungkinan justru akan menghilangkan lisensi router tersebut.

Contoh Kasus

Kali ini ada sebuah perangkat Routerboard MikrotTik yang sudah cukup lama yaitu RB112 dengan versi ROS 3.10. Kenapa lisensi hilang ketika kita melakukan upgrade routerOS pada versi major yang jauh berbeda adalah perbedaan jumlah digit dari software ID. Apabila kita melihat software ID dari ROS yang lama akan terdapat hanya 7 digit sedangkan ROS versi terbaru menggunkan 8 digit.


Solusi

Untuk solusi yang bisa dilakukan adalah kita harus melakukan upgrade ROS secara bertahap. Jadi kita tidak akan langsung melakukan upgrade ke versi ROS yang terbaru, selain dapat menghilangkan lisensi, dalam beberapa kasus bisa menyebabkan gagal booting.

Apabila kita lihat diatas sebuah router RB112 memiliki ROS versi 3.10 dan juga masih memiliki software ID sebanyak 7 digit. Langkah pertama adalah kita akan melakukan upgrade terlebih dahulu ke versi 3.25. Untuk bagaimana cara melakukan upgrade versi ROS bisa dilihat pada artikel sebelumnya disini. Sebelumnya, pastikan router sudah bisa terkoneksi ke internet. 


Setelah router selesai reboot untuk proses upgrade maka akan kita lihat ada dua software ID, yaitu Current Software ID dan juga Old Software ID. Dan utnuk Current SoftID sudah berganti menjadi 8 digit serta lisensinya pun tidak hilang. Jika router tidak menampilkan level OS, atau menjadi level 0, klik tombol "Update License Key" pada menu System --> Licenses, dengan catatan router sudah terkoneksi ke internet.

Upgrade Firmware 

Jangan lupa, kita juga perlu melakukan update firmware supaya firmware yang ada sekarang bisa menyesuaikan dengan ROS versi yang terbaru. Cara untuk melakukan upgrade firmware ini kita akan memakai New Terminal. Pada New Terminal kita ketikkan perintah CLI yaitu /system routerboard upgrade. Kemudian akan muncul pernyataan untuk konfirmasi dan isikan "Y". 


Selanjutnya reboot router untuk melakukan update firmware. Dan untuk pengecekan apakah update sudah berhasil bisa kita lihat dengan mengetikkan perintah CLI pada New terminal, yaitu /system routerboard print. 

Sebagai kesimpulan, untuk melakukan upgrade ke versi terbaru misal dari versi 3.xx ke versi 6.xx, dianjurkan untuk melakukan upgrade secara bertahap. Jadi apabila current version adalah 3.xx maka terlebih dahulu di upgrade ke v4.xx -> v5.xx -> v6.xx


Salam,




Tidak ada komentar: